Selasa, 17 Desember 2013

0 Guru Kita #selamanya


Disinilah kita. Di dalam sebuah bis ber-AC menyusuri jalan beraspal, ramai. Perjalanan telah dimulai.

Baru kali ini kita bersama dalam sebuah perjalanan duka. Beliau, ya beliau yang selama ini menemani kita telah tiada. Tak disangka, tak diduga. Berita itu seolah menampar kita. Semua canda tawa itu. Semua yang engkau berikan, Bapak, sungguh tiada terganti. Dan kini, pada siapa kami kan mengadu, tentang permainan bola dwi warna itu?

Terjalnya jalan beraspal mengingatkan kami semua, atas terjalnya perjuangan kita bersama dalam kampus tercinta. Engkau yang tak lelah membimbing kami degan segala kebebalan kami. Dengan segala protes kami. Engkau tetap sabar, mengajarkan apa yang engkau ketahui pada kami. Dan kini, setelah engkau tiada, Bapak, bagaimana kami akan mengganti?

Senyum getir selalu menghiasi bibir kami, Bapak, ketika kami mengingat kenangan yang kita miliki bersama. Senang, sedih, kita lalui dengan bahagia karena kita mempunyai satu sama lain. Terjalnya batu sandungan yang menghalangi seolah tak berarti bagi kita. Senyum dan tawa penuh penghargaanmu pada kami itulah yang memberi kekuatan bagi kami semua.

Ah, semua kalimat-kalimat ini tak akan bisa mewakili apa yang sebenarnya kami rasakan, Bapak. Terkadang apa yang tidak diungkapkan, akan jauh lebih indah. Jauh lebih bermakna. Tapi biarlah kami menuliskan catatan kecil ini, agar bisa terkenang abadi, apa yang telah kita lalui bersama selama ini.

Terakhir, kami haturkan permohonan maaf kami, Bapak. Kepada engkau yang kini jauh di sana. Mohon maaf, selama ini kami yang kadang tiada mengindahkan nasihatmu. Mohon maaf, apabila selama ini kami kerap melukai hatimu. Tentu tak lupa ucapan terima kasih setulus hati dari kami atas apa yang telah engkau lakukan bagi kami. Semoga engkau beristirahat dengan tenang di sana, Bapak, dan diampuni seluruh dosa-dosamu oleh Allah SWT, Tuhan semesta alam.

19 Oktober 2013
Di atas bis yang melaju kencang,
menuju tempat peristirahatan terakhirmu.

0 comments:

Posting Komentar

 

Szablista Ragazza's World Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates